Mobil Indonesia Siap Di Produksi Pabrik Dunia

Maleslihat.Com - Lima pabrikan otomotif dunia siap memproduksi mobil murah atau Low Cost Green Car dan memasarkannya di Indonesia pada 2013. Kelima produsen otomotif tersebut yaitu Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan Nissan.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengungkapkan, saat ini kelima produsen mobil tersebut sedang mempersiapkan produksi mobil murah.

"Mereka sudah menyatakan kesiapannya membangun infrastruktur untuk memproduksi mobil murah," ujar Budi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis 27 Desember 2012.

Budi menjelaskan, persiapan infrastruktur tersebut antara lain terkait pembangunan pabrik baru, penyiapan desain kendaraan, hingga uji emisi untuk bahan bakar mobil.

"Jadi, kalau kebijakan itu sudah keluar, mereka sudah siap. Mereka sudah datang ke kami, konsultasi bahan bakar, mereka nyatakan siap," katanya.

Budi mengatakan, selain lima pabrikan mobil ternama tersebut, beberapa produsen lainnya juga sedang mengkaji kemungkinan untuk ikut memproduksi mobil murah di Indonesia. Beberapa pabrikan tersebut berasal dari Korea Selatan dan Eropa.

Terkait dengan kebijakan pengembangan mobil murah di Indonesia, menurut dia, seluruh produsen otomotif mengaku tidak keberatan. Terbukti, investasi di sektor otomotif cukup deras.

Menurut Budi, rencana pemerintah yang akan menerapkan kebijakan nol persen Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) juga mampu menarik investasi dan tumbuhnya industri komponen di Indonesia.

Catatan Kementerian Perindustrian, hingga saat ini telah masuk investasi sekitar 45 industri komponen. Pada tahun depan diperkirakan masih ada sekitar 30 industri lagi yang mengantre masuk untuk mengembangkan bisnisnya.

"Mereka sangat mendukung, target kami memang mereka harus investasi di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, mengungkapkan, kebijakan tarif nol persen PPnBM sudah disepakati oleh pemerintah. Kebijakan tersebut nantinya akan dikukuhkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) pada Januari 2013.

"Sudah disetujui 100 persen di pemerintah. Tinggal konsultasi di DPR, hanya memberitahukan," katanya.

Category:

Download Launcher MalesLihat.com untuk Andorid Kamu! Download Sekarang!