Penyakit Kulit Intai Korban Banjir

Maleslihat.Com - Banjir tak hanya membawa lumpur dan air dalam volume besar. Banjir juga meninggalkan bakteri yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit.
Menurut Dr. Sondang Aemilia P Sirait, SpKK, penyakit yang umum menyerang saat banjir adalah infeksi bakteri pada kulit.  Infeksi bakteri ini biasa ditandai dengan adanya lenting berisi nanah pada kulit. Gejala lainnya yang muncul adalah kulit kemerahan dan terasa panas serta nyeri saat disentuh.
Creeping Eruptions atau Cutaneous Larva Migrans (CLM) merupakan salah satu penyakit kulit yang harus diwaspadai. Penyebab CLM adalah cacing golongan ancylostoma atau hook worm yang hidup dalam tubuh hewan, seperti lalat, kucing, dan anjing. Larva cacing akan masuk melalui kulit yang lebih tipis. Terutama di sela jari kaki yang langsung bersinggungan dengan tanah atau air yang terkontaminasi oleh kotoran hewan tersebut.

"Gejala biasanya akan timbul dalam satu hingga enam hari kemudian. Cacing akan terlihat merayap di bawah kulit (menembus dermis), bertambah beberapa centimeter setiap harinya, hingga membentuk gambaran melekuk, dan kulit akan tampak merah di sekitarnya.

Penyakit ini bisanya dialami mereka yang tidak menggunakan alas kaki yang memadai, terutama saat banjir. Selain itu ada pula penyakit lain yang ditularkan dari hewan ke manusia, seperti penyakit leptospirosis.

Ini merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri leptospira yang berasal dari air kencing dan kotoran tikus. Umumnya penyakit ini akan menyerang ketika seseorang sudah memiliki luka terlebih dahulu. Ketika luka tersebut tekontaminasi maka dapat berujung pada menularnya penyakit ini ke manusia.

Selain itu ada pula infeksi jamur dan alergi. Gejala umumnya kulit yang bersinggungan langsung dengan air banjir akan terasa gatal dan tampak memerah. Untuk menghindari berbagai macam penyakit ini, sebaiknya melakukan tata laksana yang tepat.

Cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan kulit menggunakan air bersih serta sabun antiseptik, guna menghindari penularan atau masuknya bakteri ke dalam tubuh. Jika merasa ada kelainan, segera periksakan ke dokter.

Category:

Download Launcher MalesLihat.com untuk Andorid Kamu! Download Sekarang!